Rabu, 12 Februari 2014

Pengertian dan macam-macam kisah dalam al-Qur’an



Kisah berasal dari kata  qasha artinya menceritakan, mengikuti. Kisah dalam al-Qur’an atau qasas al-Qur’an menurut Manna Khalil Qattan adalah pemberitaan Qur’an tentang hal ihwal umat yang telah lalu, nubuwat (kenabian) terdahulu, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi. Al-Qur’an banyak mengandung keterangan tentang kejadian pada masa lalu.
Bila ditinjau dari segi materinya, kisah terbagi menjadi tiga, yaitu :
1)   Kisah para nabi, kisah ini mengandung dakwah mereka kepada kaumnya, mukjizat-mukjizat yang memperkuat dakwahnya, sikap orang-orang yang memusuhinya, serta akibat-akibat yang diterima oleh mereka yang mempercayai dan golongan yang mendustakan.
2)   Kisah-kisah tentang pestiwa masa lalu dan orang-orang yang tidak dipastikan kenabiannya. Misalnya kisah dua orang putra Adam, Ashabul Kahfi dan kisah Zulkarnain.
3)   Kisah-kisah tentang peristiwa pada masa Rasulullah SAW, seperti Perang Badar dan Perang Uhud, hijrah serta peristiwa isra mi’raj.

Muhammad Quthub sebagaimana dikutip oleh Rahmat Syafe’i, juga membagi kisah dalam al-Qur’an menjadi tiga. Pertama, kisah yang ditunjukkan tempatnya, tokohnya dan gambaran kisahnya. Kedua, kisah yang menunjukkan peristiwa atau keadaan tertentu dari pelaku sejarah tanpa menyebutkan nama dan tempat kejadiannya. Ketiga, kisah dalam bentuk dialog. Peristiwa ini tidak disebutkan pelaku dan tempatnya. Dari ketiga jenis tersebut, kisah jenis pertama merupakan yang paling banyak disebutkan dalam al-Qur’an.
Selain itu, Rahmat syafei juga mengutip bahwa dari segi penyampaiannya, kisah dalam al-Qur’an terbagi menjadi empat :
1)      Memulai dari akhir cerita dan meneruskannya ke awal cerita dan memperinci peristiwa-peristiwanya.
2)      Menyampaikan rangkuman kisah, kemudian menyampaikan rinciannya dari awal sampai akhir.
3)      Menuturkan inti kisah tanpa didahului oleh rangkumannya.
4)      Mengubah kisah menjadi drama.

Sedangkan dari segi waktuya, menurut Shalahudin Hamid, juga terbagi menjadi tiga :
1)      Kisah gaib yang terjadi pada masa lalu, seperti kisah dialog malaikat dengan tuhan-Nya mengenai penciptaan khalifah di muka bumi dan kisah tentang penciptaan alam semesta.
2)      Kisah hal gaib yang terjadi masa kini, kisah tentang turunnya malaikat pada malam lailatul qadar dan kisah tentang kehidupan makhluk gaib seperti syetan, jin, iblis.
3)      Kisah hal gaib yang terjadi pada masa yang akan datang, seperti kisah tentang akan datangnya hari kiamat dan kisah tentang kehidupan orang-orang di surga dan penderitaan orang-orang di neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar