Jumat, 14 Februari 2014

Dan para nabi pun berikhtiar dalam hidup mereka



Contoh yang nyata dari para nabi dalam kehidupan

Hidup memang penuh perjuangan, kita tidak bisa begitu saja memperoleh apa yang kita inginkan tanpa melakukan usaha. Seorang pelajar harus belajar untuk mendapatkan nilai yang baik, untuk mendapatkan uang setiap orang harus bekerja, berusaha, berdagang, melakukan bisnis atau apapun selain berdiam diri. memang tidak ada yang instan dalam kehidupan ini. Orang jika ingin kenyang maka dia harus makan, ingin sembuh dari sakit, maka harus berobat. Itulah kodrat yang kita harus jalani dalam kehidupan ini.
Sebagai manusia, kita terikat pada hukum kausalitas atau sebab akibat, dimana satu peristiwa akan mengakibatkan peristiwa yang lain dan sebaliknya satu kejadian pasti disebabkan oleh kejadian yang lain. Dengan kata lain, setiap perbuatan yang kita lakukan bisa mendatangkan manfaat atau resiko. Perbuatan Hal ini dialami oleh semua orang, pria-wanita, besar-kecil, tua-muda, miskin-kaya, bahkan kausalitas ini dialami juga oleh para nabi sebagai para manusia pilihan Allah. Mereka (para nabi) dalam kehidupannya sebagai manusia juga mengalami hukum sebab akibat ini.
berikut ini beberapa cuplikan kisah nabi yang menurut penulis sangat jelas unsur kausalitas (sebab-akibat) dalam kehidupan mereka , yaitu :
1.        Nabi Musa
Pada saat dikejar oleh Fir’aun dan bala tentaranya, Nabi Musa dan para pengikut sampai di tepi laut merah sementara di belakang fir’aun semakin mendekat. Kemudian Allah mewahyukan agar Nabi Musa mengetukkan tongkatnya pada laut. Seketika laut terbelah menjadi dua, demikian halnya ketika Nabi Musa sampai diseberang dan Fir’aun masih berada di tengah, Allah perintahkan lagi hal yang sama, seketika laut menyatu kembali dan fir’aun tenggelam di dasar laut.  
Ketukan Tongkat Nabi Musa ke laut yang membuatnya terbelah menjadi dua dan menyatu kembali jelas-jelas merupakan bentuk ikhtiar/usaha yang dilakukan Nabi Musa sebagai pembelajaran bagi para manusia bahwa untuk menghasilkan sesuatu manusia harus berusaha. Padahal jika Allah menghendaki, Dia tinggal perintahkan saja kepada laut merah untuk terbelah dan menyatu kembali tanpa ketukan tongkat Nabi Musa. 

 Selain itu, masih ada penggalan cerita hidup nabi-nabi atau orang pilihan lain yang juga dapat dijadikan pelajaran dalam hal ikhtiar/usaha ini antara lain Nabi Ismail, Nabi Nuh, Nabi Ayub, Nabi Isa, dan masih banyak lagi
.
Sekian dulu,,, nanti disambung lagi.

4 komentar:

  1. Hukum sebab-akibat untuk keseimbangan :D

    BalasHapus
  2. iya nabi juga manusia biasa ya mas, jadi mereka pun hidup sama seperti kita, yang beda kedudukan nya kalau kita orang biasa, dan kalau mereka para nabi dan utusan yang diatas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup..skaligus mereka jg jd conth buat kita, dalam hal apapun

      Hapus